RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Surakarta
Kelas/Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Materi Pokok : Sepak bola
Alokasi Waktu : 3 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.
2.1
Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.1
Menganalisis
variasi dan kombinasi keterampilan
bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola
besar
untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
Indikator :
1.
Memahami
teknik mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola
4.1
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan
bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar dengan
koordinasi gerak yang baik.
Indikator :
1.
Mengumpan
bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri di tempat dan sambil
bergerak secara individual, berpasangan, atau berkelompok .
2.
Mengontrol
bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara indual,
berpasangan, atau berkelompok .
3.
Mengontrol
bola dengan berbagai bagian tubuh .
4.
Menggiring
bola dengan berbagai variasi menggungkan satu kaki secara individual.
5.
Menggiring
bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara individual.
6.
Menembak
bola dengan berbagai variasi dari berbagai sudut gawang.
7.
Mengkombinasikan
gerakan mengontrol dengan gerakan menendang menggunakan kaki kanan dan kiri .
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat :
1.
Menunjukkan
perilaku sportif, kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
2.
Mengumpan
bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri di tempat dan
sambil bergerak secara individual, berpasangan, atau berkelompok .
3.
Mengontrol
bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara indual,
berpasangan, atau berkelompok .
4.
Mengontrol
bola dengan berbagai bagian tubuh .
5.
Menggiring
bola dengan berbagai variasi menggungkan satu kaki secara individual.
6.
Menggiring
bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara individual.
7.
Menembak
bola dengan berbagai variasi dari berbagai sudut gawang.
8.
Mengkombinasikan
gerakan mengontrol dengan gerakan menendang menggunakan kaki kanan dan kiri .
D.
Materi
Pembelajaran
Fakta :
1.
Sejarah Perkembangan Sepak bola dunia dan di Indonesia.
2.
Pertandingan
sepak bola baik langsung atau melalui media elektronik
3..Latihan
teknik pada club sepak bola atau melalui media elektronik
Konsep :
1.
Teknik mengoper
2. Teknik
mengontrol
3. Teknik
menggiring
4. Teknik
menembak bola ke gawang
5. Posisi badan
Prinsip :
1.
Mengooper bola jarak pendek dengan menggunakan kaki bagian dalam.
2. Menghentikan /mengontrol bola dengan menggunakan kaki
bagian dalam, punggung kaki, kaki bagian luar dan telapak kaki.
3.
Menggirirng bola dengan menggunakan ujung kaki.
4.
menenmpatkan posisi badan yang baik dan benar.
5.
Menembak bola ke gawang dengan menggunakan kaki bagian dalam.
Prosedur :
1. Sikap awal
2. Perkenaan kaki dengan bola
3. Sikap akhir atau gerakan
lanjutan
4.
Sikap tubuh
5.
Bermain sepak bola dengan peraturan yang sederhana/dimodfifikasi.
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik (scientific)
2.
Metode
: a. Latihan
b. Komando
c. Bagian dan keseluruhan (part and whole)
d. Permainan (game)
F.
Langkah –
Langkah Kegiatan Pembelajaran
|
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|
1.
|
Pertemuan 1
A.
Pendahuluan
|
1.
Guru mengawali pembelajaran dengan membariskan
siswa dan mengucap salam, siswa menjawab salam, berdoa, presensi, apersepsi,
motivasi, dan menyiapkan diri untuk mengikuti pembelajaran.
2.
Guru memberikan penjelasan tujuan pembelajaran.
3.
Siswa melakukan pemanasan secara umum.
4.
Siswa berlari mengelilingi lapangan sepak bola.
5.
Guru memberikan pemanasan khusus sepakbola dalam
benruk permainan.
|
15 menit
|
|
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Mencari dan membaca informasi variasi dan
kombinasi teknik teknik permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dari berbagai sumber media cetak
atau elektronik.
2.
Mengamati pertandingan sepak bola secara langsung
dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik
dasar (mengumpan, mengontrol, menggiring, , dan menembak bola ke gawang) dan membuat
catatan hasil pengamatan, atau
3.
Bermain sepak bola dan yang lainnya mengamati
pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang kekuatan dan kelemahan
variasi dan kombinasi (mengumpan,
mengontrol, menggiring, posisi, dan
menembak bola ke gawang)
yang dilakukan oleh temannya selama bermain.
Menanya
1.
Peserta didik secara bergantian saling bertanya
tentang teknik dasar sepak bola, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke
gawang)
dengan menendang pada bagian bawah/dasar bola “bagaimana pergerakan bola?”,
apa yang akan terjadi bila menendang pada titik tengah bola, berpakah
kekuatan yang diberikan kepada bola untuk sampai pada titik sasaran yang akan
di tuju.
2.
Peserta didik secara bergantian saling bertanya
tentang manfaat permainan sepak bola terhadap kesehatan dan otot-otot yang
dominan yang dipergunakan dalam permainan sepak bola.
Eksplorasi
1.
Mengumpan bola dengan berbagai variasi menggunakan
kaki kanan dan kiri di tempat dan sambil bergerak secara individual,
berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan nilai kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain
2.
Mengontrol bola dengan berbagai variasi
menggunakan kaki kanan dan kiri secara indual, berpasangan, atau berkelompok
dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
3.
Mengontrol bola dengan berbagai bagian tubuh
4.
Menggiring bola dengan berbagai variasi
menggungkan satu kaki secara individual dengan menunjukkan bertanggung jawab
dan disiplin
5.
Menggiring bola dengan berbagai variasi
menggunakan kaki kanan dan kiri secara individual dengan menunjukkan
bertanggung jawab dan disiplin
6.
Menembak bola dengan berbagai variasi dari berbagai
sudut gawang
7.
Mengkombinasikan gerakan mengontrol dengan gerakan
menendang menggunakan kaki kanan dan kiri
8. Mendiskusikan setiap teknik dasar keterampilan gerak sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi,
dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat
kesimpulannya.
9. Mendiskusikan
kekuatan dan kelemahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi
teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi,
dan menembak bola ke gawang)
dengan benar dan
membuat kesimpulannya.
10.
Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
saat melakukan teknik
dasar permainan
sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
1. Membandingkan
hasil pengamatan pertandingan sepak bola (langsung atau TV) dengan penampilan
gerak di kelas dalam (mengumpan,
mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) hingga menemukan pola yang paling
sesuai untuk diterapkan di dalam permainan.
2. Menemukan
variasi pola (mengumpan,
mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) yang paling sesuai untuk kebutuhan
sendiri
3.
Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk
kebutuhan individual peserta didik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain., merobah posisi/bagian kaki yang berkenaan dengan bola.
Mengkomunikasikan
1. Melakukan
permainan sepakbola dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi
dan kombinasi teknik menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke
gawang serta menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
2. Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan peramaian
3. Menunjukkan
perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
Memberikan saran perbaikan
keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
|
15 menit
10 menit
70 menit
10 menit
10 menit
|
|
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa melakukan pendinginan (colling down)
2.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi
pembelajaran yang telah dipelajari.
3.
Guru bersama siswa merenungkan aktivitas
pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan membuat catatan tentang
pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4.
Guru membariskan siswa dan memimpin berdoa.
|
10 menit
|
|
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
|
1.
|
Pertemuan 2
A.
Pendahuluan
|
1.
Guru mengawali pembelajaran dengan membariskan
siswa dan mengucap salam, siswa menjawab salam, berdoa, presensi, apersepsi,
motivasi, dan menyiapkan diri untuk mengikuti pembelajaran.
2.
Guru memberikan penjelasan tujuan pembelajaran.
3.
Siswa melakukan pemanasan secara umum.
4.
Siswa berlari mengelilingi lapangan sepak bola.
5.
Guru memberikan pemanasan khusus sepakbola dalam
benruk permainan.
|
10 menit
|
|
|
B.
Inti
|
Mengamati
1.
Mengamati pelaksanaan tes siswa lain sehingga
dapat lebih siap saat melakukan tes ketrampilan sepak bola.
Menanya
1.
Peserta didik secara bergantian saling bertanya
tentang teknik dasar sepak bola, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke
gawang)
dengan menendang pada bagian bawah/dasar bola “bagaimana pergerakan bola?”,
apa yang akan terjadi bila menendang pada titik tengah bola, berpakah
kekuatan yang diberikan kepada bola untuk sampai pada titik sasaran yang akan
di tuju.
2.
Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang
manfaat permainan sepak bola terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan
yang dipergunakan dalam permainan sepak bola.
Eksplorasi
1.
Melakukan tes mengumpan bola dengan menunjukkan
nilai kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
2.
Melakukan tes mengontrol bola dengan dengan
menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin .
3.
Melakukan tes menggiring bola menggungkan satu
kaki secara individual dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin.
4.
Melakukan tes menggiring bola dengan menggunakan
kaki kanan dan kiri secara individual dengan menunjukkan bertanggung jawab
dan disiplin.
Mengasosiasi
1.
Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk
kebutuhan individual peserta didik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain., merobah posisi/bagian kaki yang berkenaan dengan bola.
Mengkomunikasikan
1. Melakukan
permainan sepakbola dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi
dan kombinasi teknik menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke
gawang serta menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
2. Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab dalam melakukan tes ketrampilan sepak bola.
3.
Menunjukkan perilaku menerima hasil tes keterampilan
kepada teman selama melakukan permianan
|
105 menit
|
|
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa melakukan pendinginan (colling down)
2.
Guru menyampaikan hasil tes ketrampilan kepada
siswa.
3.
Guru menyampaikan waktu remidi dalam melakukan tes
ketrampilan sepak bola.
4.
Guru membariskan siswa dan memimpin berdoa
|
15 menit
|
G. Media dan Sumber Pembelajaran :
1. Media :
a. Bola sepak atau
sejenisnya
b. Lapangan permainan sepakbola atau lapangan sejenisnya
c. Tiang gawang
d. Tiang pancang atau sejenisnya
e. Peluit
2. Sumber Pelajaran
a. Media cetak
1) Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
2) Buku permainan sepakbola
b. Media elektronik
1) Audio/video visual teknik dasar permainan sepakbola
2) Rekaman/cuplikan pertandingan sepakbola (liga sepakbola)
H.
Penilaian Proses
dan Hasil Belajar
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a)
Tes Keterampilan
(Psikomotor)
a.1) Tes praktik
Lakukan teknik
dasar menendang, menahan/mengontrol bola dan menggiring bolasepak, unsur-unsur
yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan
ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
·
Contoh penilaian proses teknik dasar permainan sepakbola
(Penilaian keterampilan kecabangan)
|
No
|
Nama Siswa
|
Mengumpan
|
Mengontrol
|
Menggiring
|
Jml
|
Nilai Proses
|
Nilai Produk
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
||||||
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dsb
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12
|
|
|
|
|||||||||||||||||
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
Keterangan :
Kriteria penilaian proses
Kriteria skor : Pelaksanaan Mengumpan bola,
mengontrol bola, dan menggiring bola (proses)
Teknik mengumpan (kaki bagian dalam):
1.
Posisi badan menghadap sasaran di belakang
bola
2.
Kaki tumpu berada disamping bola, ujung
kaki menghadap sasaran, lutut sedikit ditekuk
3.
Kaki tendang ditarik kebelakang, dan
ayunkan ke depan
4.
Gerakan lanjutan, kaki yang menendang
melangkah maju
Teknik mengontrol (kaki bagian dalam) :
1.
Posisi badan segaris dengan datangnya
bola
2.
Kaki tumpu mengarah pada bola dengan
lutut sedikit ditekuk
3.
Kaki penghenti sedikit diangkat dengan
permukaan bagian dalam kaki dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola
4.
Bola menyentuh kaki persis di bagian
dalam, dan kaki penghenti mengikuti arah bola
Teknik menggiring (punggung kaki) :
1.
Posisi kaki sama dengan posisi menendang
bola
2.
Kaki yang digunakan untuk menggiring
bola tidak ditarik ke belakang, hanya didorong ke depan
3.
Bola didorong kedepan secara teratur menggunakan
punggung kaki dan harus selalu dekat dengan kaki agar mudah dikuasai
4.
Pada waktu menggiring bola lutu sedikit
ditekuk untuk mempermudah penguasaan bola
Skor 4 : jika 4 kriteria dilakukan secara benar
Skor
3 : jika tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor
2 : jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor
1 : jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0 : jika tidak satupun
kriteria dilakukan secara benar
·
Contoh
penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menendang dan menahan bola ke sasaran
tembok) selama 30 detik.
|
Perolehan
Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
|
…… > 20
kali
|
…… > 16
kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
|
16 – 19 kali
|
13 – 15 kali
|
90%
|
Baik
|
|
12 – 15 kali
|
9 – 12 kali
|
80%
|
Cukup
|
|
8 – 11 kali
|
6 – 8 kali
|
70%
|
Kurang
|
|
……. < 8 kali
|
……. < 6 kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
·
Contoh
penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menggiring bola) melewati rintangan
selama 30 detik.
|
Perolehan
Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
|
…… > 20
kali
|
…… > 15
kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
|
16 – 19 kali
|
12 – 14 kali
|
90%
|
Baik
|
|
11 – 14 kali
|
8 – 11 kali
|
80%
|
Cukup
|
|
7 – 10 kali
|
5 – 7 kali
|
70%
|
Kurang
|
|
……. < 7 kali
|
……. < 5 kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
a.2) Tes
Project
Siswa diberi tugas untuk mengadakan
observasi di club sepak bola disekitar lingkungannya. Aspek yang diamati
meliputi profil club, program latihan dan event pertandingan. Dan siswa
melaporkan hasil observasinya berupa laporan tertulis.
a.3) Penilaian portofolio
siswa diberi tugas membuat vidio
tentang teknik dasar dalam sepak bola.
b) Tes Sikap (Afektif)
·
Contoh
penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap
(Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan
Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap
yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||
|
observasi
|
Penilaian diri
|
Penilaian
antar teman
|
Jurnal
|
||||||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
Keterangan :
Kriteria skor :
A. Observasi
meliputi :
|
A.
Sportif
|
|
1. Menghargai
teman dan lawan
|
|
2. Menerima
kekalahan
|
|
3. Mentaati
peraturan permainan
|
|
B.
Tanggung jawab
|
|
1. Menjaga
dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
|
2. Mengembalikan
peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
|
|
3. Menjaga
keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
|
|
4. Menjaga
ketertiban lingkungan sekitar
|
|
5. Menjaga
dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
|
C. Disiplin
|
|
1. Datang tepat waktu
|
|
2. Mengakhiri kegiatan sesuai dengan waktu yang
ditentukan
|
|
D.
Sopan
santun
|
|
1. Berbicara
sesuai norma.
|
|
2. Hormat
guru dan antar teman
|
Keterangan :
Skor 4 : jika semua kriteria ada / dilakukan
Skor
3 : jika hanya tiga
kriteria dilakukan
Skor
2 : jika hanya dua kriteria yang dilakukan
Skor
1 : jika hanya satu kriteria yang dilakukan
Skor 0 : jika tidak satupun
kriteria dilakukan
|
B.
PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK
|
|||||||
|
NO
|
PERNYATAAN
|
ALTERNATIF
|
|||||
|
Ya
|
Tidak
|
||||||
|
1
|
Saya berusaha meningkatkan keimanan
dan ketaqwaan kepada Tuhan YME agar mendapat ridho-Nya dalam belajar
|
|
|
||||
|
2
|
Saya berusaha belajar dengan
sungguh-sungguh
|
|
|
||||
|
3
|
P. DIRI
|
|
|
||||
|
4
|
Saya bekerja keras untuk meraih
cita-cita
|
|
|
||||
|
5
|
Saya berperan aktif dalam kegiatan
sosial di sekolah dan masyarakat
|
|
|
||||
|
6
|
Saya suka membahas masalah politik,
hukum dan pemerintahan
|
|
|
||||
|
7
|
Saya berusaha mematuhi segala
peraturan yang berlaku
|
|
|
||||
|
8
|
Saya berusaha membela kebenaran dan
keadilan
|
|
|
||||
|
9
|
Saya rela berkorban demi kepentingan
masyarakat, bangsa dan Negara
|
|
|
||||
|
10
|
Saya berusaha menjadi warga negara
yang baik dan bertanggung jawab
|
|
|
||||
|
JUMLAH JAWABAN "Ya"
|
|
||||||
|
PEROLEHAN NILAI (Jumlah "Ya" X 10)
|
|
||||||
|
Siswa Pribadi
|
|||||||
|
……………………………………..
|
|||||||
|
c.
PENILAIAN TEMAN SEJAWAT
|
|||||||
|
NO
|
PERNYATAAN
|
ALTERNATIF
|
|||||
|
Ya
|
Tidak
|
||||||
|
1
|
Menjalankan ibadah sesuai dengan
agama yang dianutnya
|
|
|
||||
|
2
|
Mengamalkan ajaran sesuai dengan
agama yang dianutnya
|
|
|
||||
|
3
|
Memiliki perilaku jujur
|
|
|
||||
|
4
|
Bersikap disiplin
|
|
|
||||
|
5
|
Bertanggung jawab
|
|
|
||||
|
6
|
Memiliki kepedulian
|
|
|
||||
|
7
|
Bersikap ramah dan santun
|
|
|
||||
|
8
|
Suka bekerjasama
|
|
|
||||
|
9
|
Bersikap cinta damai
|
|
|
||||
|
10
|
Bersikap aktif
|
|
|
||||
|
JUMLAH JAWABAN "Ya"
|
|
||||||
|
PEROLEHAN NILAI (Jumlah "Ya" X 10)
|
|
||||||
|
Siswa Penilai/Sejawat
|
|||||||
|
……………………………………..
|
|||||||
|
D.JURNAL
KEKUATAN/KELEMAHAN
|
|||||||
|
CATATAN
GURU MATA PELAJARAN
|
|||||||
|
NO
|
ASPEK
|
ALTERNATIF
|
|||||
|
Ya
|
Tidak
|
||||||
|
PENGEMBANGAN PERILAKU
|
|
|
|||||
|
1
|
Jujur
|
|
|
||||
|
2
|
Disiplin
|
|
|
||||
|
3
|
Tanggung jawab
|
|
|
||||
|
4
|
Peduli
|
|
|
||||
|
5
|
Santun
|
|
|
||||
|
6
|
Ramah lingkungan
|
|
|
||||
|
7
|
Gotong royong
|
|
|
||||
|
8
|
Kerjasama
|
|
|
||||
|
9
|
Cinta Damai
|
|
|
||||
|
10
|
Responsif
|
|
|
||||
|
11
|
Proaktif
|
|
|
||||
|
PENGEMBANGAN SIKAP
|
|
|
|||||
|
12
|
Menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa
|
|
|
||||
|
13
|
Berinteraksi dengan lingkungan sosial
|
|
|
||||
|
14
|
Berinteraksi dengan lingkungan alam
|
|
|
||||
|
15
|
Menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa
|
|
|
||||
|
JUMLAH JAWABAN "Ya"
|
|
||||||
|
PEROLEHAN NILAI ((Jumlah "Ya" X 2)dibagi 3)
|
|
||||||
|
Guru Mata Pelajaran
|
|||||||
|
……………………………………..
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c) Tes Pengetahuan (Kognitif)
·
Contoh format
penilaian pembelajaran teknik dasar permainan sepakbola dengan metode resiprokal :
|
No.
|
Nama Siswa
|
Butir-butir
Pertanyaan
|
Σ
|
NA
|
||||||||||||||
|
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No.5
|
||||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 15
|
|
|
||||||||||||||||
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian
Kognitif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
|
No
|
Butir
Pertanyaan
|
|
1.
|
Sebutkan teknik-teknik menendang bola
permainan sepakbola!
|
|
2.
|
Jelaskan yang dimaksuk dengan off-side
permainan sepakbola!
|
|
3.
|
Jelaskan cara melakukan menendang bola!
|
|
4.
|
Jelaskan cara melakukan menggiring bola!
|
|
5.
|
Jelaskan
cara melakukan menggiring, mengontrol dan mengumpan bola!
|
a.
Re
Rek
Rekapitulasi Penilaian
|
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
|
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NIlai Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) =
----------------------------------------- X 100%
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
·
Mendapat
nilai Sangat Baik, jika skor antara =
91 – 100%
·
Mendapat
nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
·
Mendapat
nilai Cukup, jika skor antara =
70 – 79%
·
Mendapat
nilai Kurang, jika skor antara =
60 – 69%
·
Mendapat
nilai Kurang Sekali, jika skor antara =
Kurang dari 60%
|
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Surakarta
Drs. H. M. Thoyibun, S.H.M.M
NIP. 19580204
1986030 1 017
|
|
Surakarta, ….Juli 2014
Guru mapel Penjasorkes
Setya Anung Haryanto, S.Pd. M.Or
NIP. 19861031 200902 1 002
|
|||
|
|
|
|
|||
1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar